Our social:

Thursday, December 11, 2014

KEMULIAAN

Aku mengamati akhlak umat manusia. Aku menyelidiki kondisi kejiwaan mereka. Ternyata aku tidak pernah menemukan jiwa yang tidak mengklaim memiliki kemuliaan.

Tanyalah kepada orang pintar atau orang bodoh, orang saleh atau orang nakal, orang ikhlas atau orang munafik, dan setiap orang yang memiliki sipat terpuji atau tercela. niscaya mereka akan menjawab, jiwa mereka adalah jiwa yang mulia.

Mayoritas orang orang berpikir bahwa kemuliaan bisa digapai kalu di sisinya kekayaan sangat melimpah. dengan kekayaan yang dimilikinya, dia akan merasa sombong dan bangga. Dia merasa takjub dengan kekayaanya sendiri.

Yang mengherankan, ada saja orang yang mau membungkukan diri dihadapan orang kaya yang tertipu ini. Atau ada pula segelintir orang yang mau bersujud di bawah kakinya. Seungguhnya perilaku tersebut termasuk jenis kemunafikan dan kerendahan.

Kalau saja orang yang mengaku-ngaku memiliki kemuliaan karena harta bendanya melimpah ruah. Bersedia merenungkan bahwa roda dunia pasti berputar.

Sebagian orang mengira bahwa kemuliaan adalah sebentuk kebanggaan kalau seseorang dikaruniai keperkasaan fisik. Sehingga dia pun memandang sebelah mata kepada orang-orang lemah. Walaupun sebenarnya dia memiliki akal yang jangkauanya jauh sampai ke bintang-bintang.



Penulis; SYEKH MUSTHOFA GHULAYAINI



0 comments:

Post a Comment